Mahasiswa Diajak Pahami Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Profesi di Era 4.0

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 1 Desember 2023 - 15:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto : Amilin, anggota BNSP saatk menjadi narasumber dalam kegiatan Studium General di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1 Desember 2023.(Doc.Ist)

Foto : Amilin, anggota BNSP saatk menjadi narasumber dalam kegiatan Studium General di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1 Desember 2023.(Doc.Ist)

HAIJATENG.COM – Dibawah kepemimpinan Ketua BNSP periode 2023-2028, Syamsi Hari, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terus melakukan perbaikan berkelanjutan, menyempurnakan manajemen, dan meningkatkan intensitas sosialisasi, edukasi, dan literasi kepada masyarakat umum serta para pemangku kepentingan di berbagai sektor.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Setelah pelantikan para Komisioner BNSP pada 13 November 2023, Ketua BNSP Syamsi Hari, didukung oleh Sekretariat BNSP, segera menggerakkan tim, mengoordinasikan semua anggota untuk mempercepat pelayanan publik di bidang sertifikasi kompetensi profesi.

Sebagai satu-satunya lembaga resmi negara yang diberi mandat untuk mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi profesi melalui Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2018, BNSP terus berupaya memberikan layanan terbaik di bidangnya.

Masuk bulan Desember 2023, Syamsi Hari menugaskan Amilin, anggota BNSP yang juga Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Studium General yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1 Desember 2023 dengan tema: “Urgensi Sertifikasi Kompetensi untuk Keunggulan Kompetitif Mahasiswa di Era 4.0 Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam pemaparannya, Amilin, yang pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2019-2023, menekankan bahwa untuk memasuki dunia kerja saat ini di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, mahasiswa harus memiliki keunggulan kompetitif dengan cara menyiapkan pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan regulasi.

Hal ini dianggapnya penting agar para lulusan merasa percaya diri dan mampu bersaing dengan tenaga kerja global menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan Studium General ini dibuka oleh Dr. Afdawiza, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam sambutan pembukaan acara, Afdawiza menyatakan bahwa sertifikasi kompetensi ini penting dimiliki oleh mahasiswa sebagai pelengkap Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai tanda bahwa mereka siap memasuki dunia kerja global dengan kompetensi terstandar yang dimiliki dan diakui oleh negara.

Kegiatan Studium General ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan civitas akademika lainnya di Convention Hall lantai 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Para peserta terlihat begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Studium General ini, yang ditandai dengan banyaknya peserta yang hadir memenuhi ruang acara dari awal hingga selesainya acara.

Setelah narasumber selesai menyampaikan pemaparannya, banyak peserta yang ingin mendalami materi lebih lanjut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis, smart, dan sangat futuristik.

Suasana diskusi berjalan hangat, dinamis, dan kondusif sehingga para peserta mendapatkan banyak pencerahan ilmu pengetahuan dari narasumber tentang pentingnya sertifikasi kompetensi profesi bagi mahasiswa.

Berita Terkait

BNPB Dorong Percepatan Pemulihan Lingkungan, Banjir Demak Sempat Ungsikan 21 Ribu Warga
Termasuk Jawa Tengah BMKG Sebut 14 Daerah Berstatus Waspada Terkait Dampak Hujan di Indonesia
Waspadai Peredaran Berita Bohong atau Hoaks, Usai Pemungutan Suara Pemilu Februari 2024
Bencana dengan Jumlah Pengungsi Terbanyak di Awal Tahun 2024, Predikat untuk Banjir Bandang di Demak
Dari Pasar Gede dan Kampung Pecinan Solo, Tradisi Grebeg Sudiro Jadi Akulturasi Budaya Tionghoa dan Jawa
Banjir dan Longsor Landa Kabupaten Cilacap, Seorang Meninggal dan 157 KK di 4 Desa Terdampak
Sungai Lusi, Sungai Serang, dan Sungai Tuntang Meluap, Sebannyak 33 Desa Terendam Banjir di Grobogan
Lebih dari 1.400 Orang Sempat Mengungsi, Sebagian Besar Warga Tegal Kembali ke Rumah Pascabanjir
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:32 WIB

Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono Didorong Maju dalam Pemilihan Gubernur, Sukses di Kandang Banteng

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:30 WIB

Inilah Profil Sudayono yang Dinilai Berpotensi Besar Menangkan Pilkada dalam Pilgub Jawa Tengah

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:13 WIB

Quick Count Unggul, Gibran Rakabuming Raka Berencana Sowan ke Pasangan Calon Nomor 1 dan 3

Rabu, 14 Februari 2024 - 18:16 WIB

Berdasarkan Survei Exit Poll, Indikator Politik Indonesia Sebut Prabowo – Gibran Unggul Sementara

Selasa, 13 Februari 2024 - 12:01 WIB

Faktor Geopolitik dan Situasi Global Dinilai Sangat Krusial dalam Tentukan Nasib Bangsa Indonesia ke Depan

Senin, 12 Februari 2024 - 15:52 WIB

Inilah Penampilan Titiek Soeharto Bernyanyi pada Kampanye Akbar Prabowo – Gibran di Gelora Bung Karno, Senayan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:37 WIB

Capres Prabowo Subianto Turun Panggung Sapa Ratusan Ribu Masyarakat Jawa Timur di Sidoarjo

Rabu, 7 Februari 2024 - 15:46 WIB

Di Kota Kupang, Serena Cosgrova Francis Luncurkan Buku Berjudul ‘Prabowo Pemimpin di Atas Garis’

Berita Terbaru